Tuesday, May 24, 2011

Day 31, BuB: Jakarta-Puncak Semeru-Jakarta

BERJALAN KAKI UNTUK BUMI
perjalanan ini didedikasikan untuk Adinda Tercinta, Almarhum Iwan Ketan

Selasa, 24 Mei 2011

Pagi ini, tidak seperti biasanya, Iwan belum mengirimkan kabar kepada saya. Hal ini terjadi, kemungkinan karena ia berada di kaki gunung Semeru dan bisa saja di wilayah tersebut sinyal hp sangat lemah. Kemungkinan lain, batere hp-nya telah lowbat dan tidak ada tempat untuk menge-charge hp tersebut.

SMS terakhir yang saya terima adalah kemarin sore, "Gw nggak jadi nginep di Desa Ngadisari yang jalur Sukapura. Gw udah keluar dari Lautan Pasir. Sekarang lagi ke arah Ranupane, kaki gunung Semeru."

Seperti yang telah saya duga, sinyal telepon seluler di Rarupane sangat lemah. Hal ini saya ketahui saat siang hari Iwan mengirimkan sms, "Gw masih di Ranupane. Nggak boleh naik (gunung) kalo sendiri (di larang petugas). Jadi gw harus nunggu ada pendaki lain. Padahal gw pengennya cepet2 kelar". Tak lama setelah mengirimkan sms tersebut, Iwan mengirimkan sms yang isinya meminta saya agar menelpon dia. Mumpung ada sinyal, begitu kata Iwan.

Tanpa berpikir panjang, saya pun segera menelpon Iwan. Benar saja, suara Iwan terdengar jauh dan terputus-putus. Rupanya sinyal di sana memang kurang bagus. Iwan menyampaikan bahwa ia telah berada di Ranupane sejak kemarin sore (menjelang magrib). Tadi pagi ia telah melapor petugas jaga di Pos Pendakian untuk memohon izin pendakian. Namun karena Iwan ingin mendaki seorang diri, petugas tidak memberikan izin tersebut karena berbagai alasan, khususnya masalah keselamatan.

Iwan hanya bisa pasrah dengan hal ini. Dengan terpaksa ia menunggu di Pos Pendaki Ranupane hingga ada pendaki yang akan menuju Puncak Semeru.

Rute dan check point Iwan sampai hari ini, telah dipetakan oleh seorang sahabat, Ipank Dany. Silakan klik di sini untuk melihat petanya.

(reported by kaes)


View Larger Map

No comments: